Rabu, 02 September 2015

RESEP TAHU TEMPE BACEM

halo blog, assalamualaikum. kali ini aku mau berbagi resep makanan ke kalian, yeaaaay :) makanan sederhana tapi nagiiiiih, asli! yap, tahu tempe bacem ala festi huehehe siapa sih yang gatau bacem? pasti pada tau kan? bacem itu enak banget kalo disajikan bareng sambel, lalapan atau tumis tumisan gitu, nah bacem itu ada dua versi cara makannya, kadang ada yang suka makan bacem yang udah digoreng tapi kadang ada yang suka makan bacem rebus, tapi kalo yang jual bacem biasanya sih udah digoreng yaaa. oke, ini dia penampakan dari si bacem rebus hihi kalo aku menyajikannya bareng si rebusan brokoli dan kentang..



RESEP TAHU TEMPE BACEM

siapkan bahan dan bumbu terlebih dahulu yaaa:
1. siapkan tahu kuning satu bungkus dan tempe
2. air secukupnya (aku sih 4 gelas tapi kayanya terlalu banyak jd agak lama ngerebusnya)
3. 2 sdm larutan asam
4. 1 sdt garam
5. kecap sesuai selera
6. 2 cm lengkuas
7. minyak untuk menggoreng (kalo bacemnya mau digoreng)

bumbu yang dihaluskan:
1. 4 butir bawang merah
2. 2 butir bawang putih (keabisan bawang putih haha harusnya bawang putih lebih banyak dari bawang merah biar lebih jos!)
3. 1 sdt ketumbar
4. 1 sdm gula merah

ayo kita mulai membuatnya:
1. siapkan wajan atau panci untuk mencampur air dengan bumbu yang telah dihaluskan bersama garam, kecap dan larutan asam. aduk sebentar kemudian masukan tahu dan tempe, pastikan tahu dan tempe berbaur dengan bumbu, lalu masukan lengkuas.
2. masak dengan api kecil/sedang hingga bumbu meresap dan air menyusut.
3. oke tahu tempe bacem rebus siap disajikan, yeaaay!
4. untuk yang suka bacem goreng, lakukan langkah selanjutnya dengan menunggu sedikit dingin si tahu tempe bacemnya tadi, kemudian goreng deh. jadi kaya gini nih..


gimanaaaaaa? gampang banget kan resep tahu tempe bacem dari aku hehe tertarik untuk coba bikin kah? ayok ayok dicoba dirumah, seneng banget bisa berbagi resep buat kalian yang baca hihi lain kali aku akan coba masak masakan lain yaaa.



1 komentar:

  1. resep sederhana dengan bahan yang mudah didapat...tahu tempe bacem selalu menggugah selera.

    BalasHapus